Crystal X Solusi Tepat Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Crystal X Solusi Tepat Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Nyeri Saat Haid Pada Wanita

 

Nyeri Saat Wanita Sedang Haid

Apa itu Nyeri Haid? Sebenarnya setiap menstruasi menyebabkan rasa nyeri, terutama pada awal mens. Akan tetapi tidak semua perempuan mengalami kadar nyeri yang sama. Ada perempuan yang merasakan sangat sakit sampai mau pingsan dan tidak bisa masuk sekolah atau kerja, tapi ada yang dengan tidur saja sudah sembuh, malah ada yang tidak terasa sama sekali. Rasa nyeri haid yang berat disebut dismenorhae. Nyeri haid dibagi dua jenis, yaitu: Nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan. Nyeri haid ini adalah normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan. Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.

Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim, sehingga apabila menjelang menstruasi, pada saat lapisan dinding rahim menebal, akan dirasakan sakit yang luar biasa. Selain itu, endometriosis ini juga bisa mengganggu kesuburan.

Untuk mengetahui masalah menstruasi yang kita alami, sebaiknya konsultasi ke dokter. Tapi sebelurrmya perhatikan dulu tanda tanda berikut ini:

Pertama
Timbul nyeri hebat, terutama jika baru muncul di kemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi, terutama apabila rasa nyeri itu semakin lama semakin hebat.

Kedua
Jika darah mens yang keluar sangat berlebihan, sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin tiap hari, jika masa haid lebih dari sembilan hari, apabila mens tidak pernah teratur sejak semula.

Ketiga
Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar.
Jika muncul salah satu atau lebih dari tandatanda diatas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.


Pencegahan Nyeri Haid

Ada cara Anda bisa melakukan beberapa usaha untuk mencegah nyeri saat haid. Berikut ini cara yang bisa bunda dan sista lakukan :

1. Selama masa haid hindari melakukan olahraga berat.

2. Hindari mengkonsumsi alkohol, kopi juga coklat. Karena hal ini dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Jangan juga memakan makanan yang bertemperatur dingin selama masa haid. Misalnya es krim. Sebaiknya Anda menghindari dulu hal tersebut.

3. Lebih banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah buahan. Juga makanan yang berkadar lemak rendah.

4. Jangan lupakan vitamin. Vitamin E sebanyak 400 bisa mencegah peradangan dan meningkatkan respon kekebalan tubuh. Atau gunaakn juga vitamin B6 untuk mengurangi penerimaan esterogen.

Lebih baiknya minum juga minyak ikan yang bisa mengurangi radang. Selain itu minyak ikan ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan tidak normalnya jaringan endometrial. Intinya cobalah untuk menjalani pola hidup sehat. Jika sudah waktunya jangan menunda kehamilan. Lakukan juga pemeriksaan secara berkala.

0 Response to "Nyeri Saat Haid Pada Wanita"

Posting Komentar